Minggu, 01 Februari 2009

Mekanikal Elektrikal dalam Gedung

“perusahaan kontraktor yang bergerak dalam bidang mekanikal elektrikal….”.

Apa sih mekanikal elektrikal itu? Itu pertanyaan pertama yang muncul di kepala ku saat aku mengajukan lamaran ke JCI. Penjelasan seorang teman yang aq temui di suatu sore di plasa kptu pun gak mampu menjawab pertanyaan itu..(dasar lemot..he.. ). Setelah sebulan kemudian aq diterima di sana, baru deh mulai belajar apa itu ME (mekanikal elektrikal)..Background ku yang dari teknik fisika ternyata gak membantu banyak di hari pertama (hari pertama aja loh…hari-hari selanjutnya…nyesel gak serius kuliah dulu “ooh..mata kuliahku, kamu sangat kubutuhkan saat ini”) aku masuk kerja. Hmmm…apa itu chiller? Ducting ? drain ?..Gambar apa sebenarnya yg sedang aku ukur ini..?

Setelah beberapa hari di JCI, baru deh mengerti..inilah intisari dari apa yang ku dapat di JCI pada bulan pertama..

Dalam membangun suatu gedung ada beberapa pihak yang terkait :

1. Owner : yang punya duit (sumber dana)

2. Konsultan

3. Quantity surveyor

4. Kontraktor

Point ke 4, kontraktor, terbagi lagi menjadi 2: kontraktor sipil (yg bikin tembok dinding, atap, dll) dan kontraktor ME (yang ngurusin mekanikal elektrikal nya gedung itu).

Terus, apa aja sih mekanikal elektrikal dalam gedung itu? Aku paparkan satu per satu ya..

1. Mekanikal

Sesuai dengan asal katanya, mekanik, maka semua yg berbau bau mekanik masuk dalam bagian ini seperti pompa, pipa, ducting, valve, dll. Yang termasuk pekerjaan mekanikal yaitu Air conditioning (AC), Ventilasi, plumbing & fire fighting.

2. Elektrikal

Bagian ini berkaitan dengan kelistrikan, baik itu arus kuat (elektrikal) maupun arus lemah (elektronik). Yang termasuk dalam pekerjaan elektrikal seperti penerangan (lighting), stop kontak, trafo, gen set, lift, gondola, penangkal petir. Sedangkan elektronik: fire alarm, sound system, telepon, MATV, data system, CCTV, acces card.

Itulah lingkup pekerjaan yang dilakoni oleh perusahaan tempat saya bekerja saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar